5 Alasan Ini Memotivasi Kamu Mengikuti Lomba

shutterstock.com

"Lagi banyak lomba nih, seru hadiahnya tapi kok males yah buat partisipasi."

Seringkali kalimat tersebut keluar dari mulut kita. Beberapa orang yang tidak peduli atau cenderung masa bodoh dengan segala hal yang bersangkut paut tentang lomba. Walaupun berbagi jenis lomba, kuis, kontes, audisi, dan lainnya selalu ada. 

Sejujurnya, dalam hidup pun kita selalu berlomba, tidak ada hari tanpa perlombaan dan itu sebuah perlombaan besar menuju masa depan. Dengan segala ketidakpedulian, ternyata mengikuti perlombaan ada untungnya lho. Dijamin, kamu tidak rugi jika aktif mengikuti lomba. Ini nih 5 Alasan mengapa mengikuti lomba itu menguntungkan. 

1. Dapat Hadiah (Kalo menang) 

reuters.com

Setiap perlombaan pasti memberi hadiah bagi pemenang lomba (jelas), Nah, hadiah yang kamu dapatkan tentu bisa memotivasi kamu. Adanya hadiah lomba bisa membuat kamu menjadi lomba sebagai aktivitas rutin. Bayangkan saja, kamu mengikuti 1 lomba dann berhasil menang 2 kali, hadiahnya yang kamu peroleh membuat kamu terpacu dan berpikir "yes, balik modal".

2. Percaya Diri

belajar.indonesiamengajar.org

Percaya diri menjadi hal penting saat ini. Hitung-hitung sebagai bekal jika nanti kamu masuk dunia kerja. Orang percya diri jelas bisa mendapatkan pendapatan lebih dibanding orang yang minder. Jadi latihalah percaya diri kamu dengan mengikuti berbagai ajang perlombaan.

3. Nambah poin-poin penting di CV

andlet.dynu.com

Ya, perusahaan akan melihat aktivitas apa yang pernah dilakukan calon karyawannya. Pernah mengikuti lomba tentu menambah poin penting pada CV kamu agar dilirik perusahaan lewat prestasimu. Perusahaan cenderung senang dengan manusia aktif yang percaya diri akan kemampuannya dengan ikut serta dalam sebuah perlombaan.

4. Membangun Jaringan

ayopreneur.com

Ini esensi terpenting dalam sebuah perlombaan. Lomba yang kamu ikuti tentung menambah jaringan, teman, maupun relasi yang bisa memberikan dampak positif bagi kamu. Ingat, manusia adalah makhluk sosial yang tidak dapat hodup sendiri. Teman yang banyak tentu memudahkanmu untuk memulai bisnis ataupun menjadi karyawan dikemudian hari.

5. Pengetahuan dan pengalaman Bertambah

bryankramer.com

Pengetahuan dan pengalaman adalah hal mahal. Dengan mengikuti lomba akan muncul banyak ide-ide yang nantinya bisa kamu aplikasikan. Kamu juga turut mendapatkan pelajaran hidup melalui perlombaan. Terkahir, ide lombamu bisa saja dibeli oleh perusahaan dengan harga selangit. Jadi menang atau kalah dalam perlombaan tidak masalah bukan. Yang penting pengalaman. 

Selamat mengikuti lomba, guys!!!

Comments